Skip to main content

Cara Mudah Install Windows 7 Dengan Mudah

Install Windows adalah hal penting dalam operasi sebuah komputer pribadi atau pc, netbook, notebook, maupun laptop baik dengan menggunakan : 



Tapi disini saya akan jelaskan Cara Install windows 7 dengan menggunakan CD/DVD.

Berikut adalah cara menginstall atau install ulang windows 7, yang menjadi panduan untuk setiap edisi termasuk basic, home, professional, ultimate, 32-bit, 64-bit

Instalasi ini bisa juga disebut “Fresh install” atau “clean install” yaitu menghapus sistem yang ada sebelumnya secara keseluruhan tanpa tersisa, baik itu Windows XP, Linux, Windows 7 yang lama, Windows 8, atau yang lainnya, kemudian menggantinya dengan instalasi baru Windows 7. Dengan kata lain Windows 7 yang baru akan menghapus seluruh sistem pada satu partisi, termasuk virus kalo ada, maka Windows 7 yang baru tersebut benar-benar bersih dari virus.

Sebagai Catatan : 
  1. Ini adalah instalasi Windows 7 dari awal pada laptop atau komputer.
  2. Instalasi baru atau menginstall ulang Windows 7 SAMA SAJA.
  3. Langkah-langkah instalasi berlaku untuk windows 7 edisi Basic, Home, Professional, Enterprise, Ultimate, 32-bit, 64-bit, diterapkan pada satu partisi di hard disk dan pengaturan partisi tambahan.
Persiapaan Insall :

Siapkan beberapa hal di bawah ini agar memudahkan prosesnya dan dapat membantu khususnya bagi pemula.
  1. Spesifikasi Hardware.
    • Spesifikasi hardware minimum untuk install windows.
    • Ikuti link diatas jika Tidak bisa di install windows.
  2. Ketahui Tipe Processor 32-bit atau 64-bit.
    • Cara mengetahui Tipe Processor 32-bit atau 64-bit.
  3. Driver Windows.
    • Siapkan Driver: Cara mencari, download, install driver untuk windows.
  4. Siapkan Aplikasi atau Software penting.
    • Aplikasi Paling Penting untuk Windows, Komputer, Laptop.
  5. Media Instalasi.
Tips : 
  • Pada saat menginstall atau install ulang Windows 7, sebaiknya menghapus partisi “hard drive” utama atau “primary partition” sehingga bersih. Prosedur ini disebut sebagai “Clean Install” atau “Advanced/Custom install”.
  • Untuk pilihan media instalasi, Anda akan perlu “boot” pertama dari drive CD/DVD jika menggunakan kepingan CD/DVD Windows 7 Installer atau “boot” pertama dari perangkat USB jika menggunakan Flashdisk.
  • Untuk memilih “boot” atau “booting” pertama windows 7 dari CD/DVD atau flashdisk anda harus mengaturnya pada Menu BIOS yang dijelaskan selanjutnya dibawah, dan khusus untuk booting dari flashdisk, maka masukan terlebih dahulu flashdisk sebelum menyalakan komputer atau laptop.

Baik Sekarang Kita mulai Install Window :

l. Nyalakan Komputer atau Laptop, kemudian masuk ke Menu “BIOS”.

Cara Mudah Install Windows 7, 8, 10

  • Supaya bisa masuk ke MENU BIOS, SAAT menyalakan Laptop atau Komputer seperti gambar diatas, tekan terus-menerus dengan cepat tombol F2, pada beberapa laptop merk lain tekan Esc, F1, F10 atau Del Pada Komputer. 
  • Pada sebagian merk laptop mungkin juga sambil menekan tombol “fn” bersamaan dengan F1/F2 dst, agar tombol tersebut berfungsi
2.  Masuk ke MENU “BIOS” untuk pengaturan booting pertama

  • Gambar diatas merupakan contoh masuk ke menu “BIOS” atau “Setup Utility”, tampilan ini beraneka ragam tergantung merk.
3. Cari “Boot” untuk Pengaturan “Booting” Pertama.

  • Arahkan Boot Pertama Jadi CD-DVD atau Flashdisk sesuai keinginan, Tampilan ini pun beraneka ragam tergantung merk.
  • Ubah “Boot” pertama pada Menu “BIOS” Ke CD/DVD atau Flashdisk, namun jika dari Flashdisk ubah “boot” pertama ke Flashdisk, ini diperlukan agar “Booting” pertama kali membaca media CD/DVD Windows 7 atau Flashdisk.
  • Khusus untuk booting pertama dari flashdisk, maka harus masukan terlebih dahulu flashdisk sebelum menyalakan komputer atau laptop.
4. Klik “Exit” dan kemudian “Exit Saving Changes” dengan mengklik “Yes”.

  • Komputer atau Laptop akan segera “Restart” dari DVD. Jangan Lupa masukan terlebih dahulu DVD Windows 7 “Installer” ke Drive DVD, sebelum “restart”
5. Mulai Proses instalasi dari DVD Windows 7 “Installer”.

  • Klik Apa saja pada keyboard, misalnya klik “Enter” dan waktunya hanya 5 detik, kalo 5 detik ga di klik, proses tidak akan terjadi, harus “restart” lagi.
6. Pada Langkah ini tunggu proses loading.


7. Pilih English, Klik “Next”.


8. Klik Install Now.


9. Klik “I accept the license terms”, kemudian Klik “Next”


l0. instalasi windows 7 segera dimulai.

  • Pada Langkah ini, sangat penting,Klik “Custom advanced”. Langkah ini akan memproses Windows dari awal, sehingga nanti akan seperti baru, dan menghapus semua sistem yang lama.
ll. Atur Partisi.


  • Pada langkah ini Penting Untuk Mengatur Partisi yang akan diinstall Windows 7 yang Baru.
  • Gambar diatas merupakan contoh Laptop yang memiliki 3 Partisi, Pertama System Reserved, Kedua Windows 7 lama alias “C:”, dan Ketiga Data alias “D:”.
  • Catatan, Jika pada gambar diatas pada kotak tersebut kosong, artinya hard disk tidak terbaca, maka hardisk kemungkinan rusak atau kurang bagus atau kabel ke hard disk tidak bagus atau tidak terdeteksi.
l2. Delete” Partisi Sistem Windows yang lama.

  • Dengan Delete Partisi, maka sistem Lama “C:” akan terhapus, dan My Documents pun akan terhapus seluruhnya, karena My Documents termasuk “C:”. Jadi kalo simpan Data-data dikemudian hari sebaiknya di “D:” atau “E:”.
  • Arahkan kursor untuk menghapus Partisi dengan Klik “Delete”, kemudian klik OK – OK aja, sampai tampilan pada gambar berikutnya.
l3. Buat Partisi baru.

  • Arahkan Kursor pada partisi yang akan diisi Windows 7 yang baru, Klik New.
  • Kemudian Klik OK dan OK. Untuk diketahui, disini ada suatu nilai berapa “Byte Hard Disk”
l4. Teruskan instalasi pada Partisi Baru.

  • Tampilan akan seperti gambar diatas, kemudian arahkan Kursor Pada Partisi yang akan diinstall Windows 7 yang baru “Primary”, Kemudian Klik “Next”
l5. Memulai Proses Instalasi.

  • Proses Instalasi Benar-benar dimulai, kalo sudah sampai langkah ini anda bisa benar-benar bersantai, karena selanjutnya akan berjalan Otomatis. 
  • Jangan klik apapun, biarkan saja sampai restart dengan sendirinya.
  • Jika Pada saat “Expanding Windows files” ada “error”, berarti memory laptop/komputer rusak, coba diulang lagi dari awal kalo “error”. Kalo lancar, Windows akan restart otomatis.
l6. Proses instalasi dilanjutkan otomatis, kemudian akan restart sendiri.

  • Catatan, Jika menggunakan DVD tidak melakukan apapun, tapi jika menggunakan Flashdisk setelah gambar tersebut “restart” Flashdisk HARUS dicabut.
l7. Restart otomatis

  • Setelah “Restart”, pada langkah ini jangan klik apapun, kalo diklik nanti mulai lagi seperti langkah di atas. Jika memakai flashdisk tidak ada gambar diatas, kan dah dicabut
l8. Biarkan saja jangan klik apa pun



l9. Penyempurnaan instalasi lanjutan, Biarkan saja.



  • Menyempurnakan Proses Instalasi Windows. Biarkan saja, jangan klik apapun, kalo gerakin “mouse”.

20. Proses Instalasi Windows hampir selesai, dan akan “restart” otomatis, jangan klik apapun






2l. Isi Data-data dengan memberi nama sistem windows 7




    • Isi Nama untuk Laptop, Komputer, bebas, Trus Klik “Next”.
    22. “Set Password” windows 7.



      • Tidak usah diisi, kecuali Laptop atau komputernya ingin memakai “password”, kemudian klik “Next”.
      23. “Product key” windows 7, klik “Lewat saja”.

        • Jika sudah memiliki Kode Windows 7, ketik kodenya dalam kotak tersedia, dan klik “Automatically activate Windows”. Jika belum mempunyai kode, jangan diisi apapun, Disebelah “Next” nanti ada “Skip”, jadi Klik “Skip”.
        24. Klik “Use recommended settings”.


        25. Pengaturan waktu aktual, sesuaikan waktu yang dikehendaki, kemudian klik     
              “Next”


        26. Instalasi selesai


        Demikian lah proses instalasi menggunakan CD/DVD.


        Untuk proses instalasi menggunakan Flashdisk silahkan lihat artikel selanjut nya.
        Bagaimana cara install windows dengan flashdisk menggunakan rufus.? Baca
        Cara install windows dengan flashdisk.
        Jika ada kesulitan silahkan ajukan pertanyaan. thanx 

        Comments

        Popular posts from this blog

        DOWNLOAD MS OFFICE 2010 Pro 32 / 64 bit +Activator

        Microsoft Office 2010 Professional Plus 32 bit dan 64 bit dapat di download disini secara free/gratis dan full version. Office 2010 menghadirkan performance dan tampilan yang lebih friendly. Microsoft Office 2010 Suport Windows XP , Windows7 dan Windows 8 dan Windows 10 32 dan 64 bit. Dengan dukungan akses yang jauh lebih cepat dan lebih mudah dari versi sebelumnya, memungkinkan dapat terus bekerja dimana dan kapanpun anda berada. Banyak pengembangan dan penyempurnaan dari versi sebelumnya diantarnya loading cepat, adanya Office Web Apps sehingga anda dapat memeriksa dan mengedit dokumen dalam Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote 2010 yang telah didukung Internet Explorer, Firefox , Crhome dan Safari browser . Semua perubahan akan disimpan, dan ditampilkan tepat seperti yang Anda inginkan, sehingga Anda dapat secara mulus bergerak dari desktop ke Web, dan sebaliknya. Yang ingin download gratis Microsoft Office Pro 2016 32/64 bit Final  disini Office 2007  klik disin

        Download MICROSOFT OFFICE 2013 32bit dan 64bit

        Microsoft Office 2013 Professional Plus merupakan pengembangan penyempurnaan dari versi sebelumnya. Tampilan lebih dinamis dan lebih ringan. Untuk merasakan apa saja fitur barunya anda wajib download Microsoft Office 2013 32 bit dan 64 bit full version pada link yang kami sediakan dibawah. Microsoft Office Professional Plus 2013 adalah seri terbaru dari Microsoft office yang memiliki update serta fitur yang lebih baik dari versi office sebelumnya System Requirements Minimum Microsoft Office 2013 Windows 7, Windows 8, Windows 10 Processor 1 GHZ atau lebih Memory 1 GB RAM untuk 32 Bit dan 2 GB RAM untuk 64 bit Disk space 3 GB Download Microsoft Office Pro 2016 32/64 bit Final Disini Download Microsoft Office Pro 2010 32/64 bit Final Disini Microsoft Office Pro 2007 32/64 bit Final Disini Microsoft Office 2021 (32/64-bit)   Disini   Download Microsoft Office 2013 Professional Plus Final 32 bit MS Office 2013 Part 1 | Part 2 64 bit MS Office 2013 Part 1 | Part 2   Pas